Ada dua hal pokok yang
harus kita pahami sebelum mulai mendesain, yaitu elemen-elemen desain. Elemen
desain adalah apa saja yang menyusun atau menjadi basis sebuah desain. Secara
garis besar ada beberapa elemen desain yang harus kita ketahui, yaitu:
Gambar Nirmana
1. Line
(Garis)
Garis adalah elemen
dasar yang menyusun sebuah desain. Garis yang terdiri dari titik-titik inilah
yang menjadi penanda di mana kita membedakan antara satu obyek dengan obyek
lain, serta memungkinkan audiens mencerna suatu pesan yang dikomunikasikan
secara visual.
2. Form & Space (Bentuk dan Ruang)
Form atau bentuk adalah kumpulan garis-garis yang saling bersambungan yang
membentuk suatu obyek tertentu. Obyek, atau kerap disebut shape, ini bisa
berupa obyek geometris, seperti kotak, lingkaran, elips dan polygon, atau obyek
bebas non geometris.
3. Color (Warna)
Warna adalah elemen desain yang sangat penting, karena secara psikologis,
manusia mengenali warna lebih dulu ketimbang bentuk atau teks. Bahkan jika
warna yang dimaksud adalah hitam putih, atau monokrom.
4. Type (Teks)
Teks, yaitu huruf atau kumpulan huruf yang digunakan untuk menyampaikan
suatu pesan, termasuk tampilan teks secara visual harus mendapatkan perhatian.
5. Texture & Image (Tekstur & Ganbar)
Tekstur/image adalah elemen yang bermanfaat memberi nuansa dan penekanan
tersendiri pada obyek-obyek ilustrasi yang ada. Dengan penggunaan tekstur yang
tepat, suatu makna bisa tersampaikan secara lebih efektif.
6. Balance (Keseimbangan)
Keseimbangan adalah suatu kualitas di mana sebuah desain terlihat mempunyai
“bobot” yang setara antar elemen-elemen penyusunnya.
7. Contrast (Kontras)
Kontras lebih berkaitan dengan penekanan elemen tertentu terhadap elemen
lain. Prinsipnya adalah negasi, di mana sebuah obyek akan terlihat jelas karena
ada obyek lain yang menegasikannya (berkebalikan kualitas).
8. Continuity (Kontinuitas)
Kontinuitas berkaitan dengan kualitas untuk mempertahankan kesamaan
ide/nuansa dari obyek-obyek penyusun desain.
9. Repetition (Repetisi)
Repetisi atau pengulangan berkaitan dengan penggunaan obyek-obyek dengan
tipe yang sama sebagai bagian dari desain.
10. Unity (Kesatuan)
No comments:
Post a Comment