1.
Awal
munculnya inovasi
Teori
ketidaksempurnaan merupakan awal munculnya inovasi.
Teori
ketidaksempurnaan adalah sebuah konsep untuk berfikir kreatif, munculnya
semangat wirausaha yang tinggi dan proses penciptaan peluang bisnis.
Contoh kasus
awal munculnya inovasi di dunia industri musik dan komunikasi :
a.
Industri musik
Di tahun 1960-an, microfon (mic)
itu besar dan berat dengan kabel yang panjang dan berat. Bagi banyak orang
microfon tersebut sudah sempurna karna dahulu tidak ada alternatif lain.
Tetapi perusahaan lain berfikir
bahwa microfon tersebut tidak sempurna, karna banyak penyanyi kesulitan
melakukan improvisasi gerakan saat menyanyi dipanggung. Kemudian perusahaan
yang berfikir microfon itu belum sempurna meluncurkan sebuah produk baru, yaitu
microfon dengan teknologi nirkabel (wireless).
b.
Industri komunikasi
Graham Bell menemmukan produk
pertamakali di industri telekomunikasi, yaitu telepon. Hal ini terjadi karena
ia ingin berbicara jarak jauh dengan orang lain tapi tanpa perlu bertemu.
Seperti anda ketahui masalah yang terjadi
dengan produk telepon yang ada di dalam rumah (fix phone) adalah sulitnya
brkomunikasi dengan orang lain ketika berada diluar rumah, kemudian terciptalah
alat penyerenta (pager) hasil teori ketidak sempurnaan dari orang yang berfikir kreatif. Namun,
produsen pager tidak berfikir kratif lagi sehingga ketidaksempurnaan itu
disempurnakan oleh perusahaan siemens dan motorola. Produk itu adalah mobile
phone (produk kecanggihan dan kesempurnaan pertamakali), tetapi saat itu mobile
phone bentuknya besar dan tidak sesuai dengan tangan manusia, hingga akhirnya
disempurnakan kembali oleh Nokia.
2.
Faktor-faktor
pendukung keberhasilan inovasi
Menurut
James Brian Quinn (1955) faktor-faktor pendukung untuk tercapainya keberhasilan
penerapan kemampuan inovatif adalah sebagai berikut :
a.
Inovasi harus berorientasi pasar
b.
Harus mampu meningkatkan nilai tambah
perusahaan
c.
Terdapat unsur efesiensi dan efektifitas
dalam satu inovasi
d.
Harus sejalan dengan visi dan misi
perusahaan
e.
Inovasi harus bisa ditingkatkan lagi
3.
Sumber-sumber
yang dapat mendorong terjadinya inovasi
a.
Perbedaan (gap)antara permintaan dan
dengan penawaran
b.
Penciptaan permintaan karena adanya kecenderungan
(tren)
c.
Perubahan
d.
Masalah yang belum terpecahkan dalam
jangka waktu yang lama
e.
Inovasi yang ditujukan untuk mengganti
inovasi produknya sendiri
4.
Jenis-jenis
inovasi
Jenis-jenis
inovasi yang sering digunakan oleh wirausaha yang cerdas dalam bisnisnya adalah
sebagai berikut :
a.
Inovasi produk, meliputi :
1)
Isi (rasa dan kualitas)
2)
Kemasan (pembungkus, tulisan, warna,
sistem buka tutup dan bentuk.
b.
Inovasi pemasaran, meliputi :
1)
Cara menjual
2)
Cara mendistribusikan
3)
Cara memasarkan
4)
Cara mengiklankan
5)
Cara menciptakan permintaan
c.
Inovasi proses, meliputi :
1)
Proses penciptaan produk
2)
Proses produksi
3)
Proses teknologi pengemasanya
4)
Proses riset dan pengembangan
5)
Proses menciptakan mesin baru
d.
Inovasi teknis, meliputi :
1)
Teknik desain
2)
Teknik pengawasan
3)
Teknik pekerjaanya
e.
Inovasi administrasi, meliputi :
1)
Penyimpanan data
2)
Pembuatan dan pengumpulan data
No comments:
Post a Comment