Friday, January 12, 2018

INOVASI


1.      Awal munculnya inovasi
Teori ketidaksempurnaan merupakan awal munculnya inovasi.
Teori ketidaksempurnaan adalah sebuah konsep untuk berfikir kreatif, munculnya semangat wirausaha yang tinggi dan proses penciptaan peluang bisnis. 

Contoh kasus awal munculnya inovasi di dunia industri musik dan komunikasi :

a.       Industri musik
Di tahun 1960-an, microfon (mic) itu besar dan berat dengan kabel yang panjang dan berat. Bagi banyak orang microfon tersebut sudah sempurna karna dahulu tidak ada alternatif lain.
Tetapi perusahaan lain berfikir bahwa microfon tersebut tidak sempurna, karna banyak penyanyi kesulitan melakukan improvisasi gerakan saat menyanyi dipanggung. Kemudian perusahaan yang berfikir microfon itu belum sempurna meluncurkan sebuah produk baru, yaitu microfon dengan teknologi nirkabel (wireless).

b.      Industri komunikasi
Graham Bell menemmukan produk pertamakali di industri telekomunikasi, yaitu telepon. Hal ini terjadi karena ia ingin berbicara jarak jauh dengan orang lain tapi tanpa perlu bertemu.
Seperti anda ketahui masalah yang terjadi dengan produk telepon yang ada di dalam rumah (fix phone) adalah sulitnya brkomunikasi dengan orang lain ketika berada diluar rumah, kemudian terciptalah alat penyerenta (pager) hasil teori ketidak sempurnaan  dari orang yang berfikir kreatif. Namun, produsen pager tidak berfikir kratif lagi sehingga ketidaksempurnaan itu disempurnakan oleh perusahaan siemens dan motorola. Produk itu adalah mobile phone (produk kecanggihan dan kesempurnaan pertamakali), tetapi saat itu mobile phone bentuknya besar dan tidak sesuai dengan tangan manusia, hingga akhirnya disempurnakan kembali oleh Nokia.

2.      Faktor-faktor pendukung keberhasilan inovasi
Menurut James Brian Quinn (1955) faktor-faktor pendukung untuk tercapainya keberhasilan penerapan kemampuan inovatif adalah sebagai berikut :
a.       Inovasi harus berorientasi pasar
b.      Harus mampu meningkatkan nilai tambah perusahaan
c.       Terdapat unsur efesiensi dan efektifitas dalam satu inovasi
d.      Harus sejalan dengan visi dan misi perusahaan
e.       Inovasi harus bisa ditingkatkan lagi

3.      Sumber-sumber yang dapat mendorong terjadinya inovasi
a.       Perbedaan (gap)antara permintaan dan dengan penawaran
b.      Penciptaan permintaan karena adanya kecenderungan (tren)
c.       Perubahan
d.      Masalah yang belum terpecahkan dalam jangka waktu yang lama
e.       Inovasi yang ditujukan untuk mengganti inovasi produknya sendiri

4.      Jenis-jenis inovasi
Jenis-jenis inovasi yang sering digunakan oleh wirausaha yang cerdas dalam bisnisnya adalah sebagai berikut :
a.       Inovasi produk, meliputi :
1)      Isi (rasa dan kualitas)
2)      Kemasan (pembungkus, tulisan, warna, sistem buka tutup dan bentuk.

b.      Inovasi pemasaran, meliputi :
1)      Cara menjual
2)      Cara mendistribusikan
3)      Cara memasarkan
4)      Cara mengiklankan
5)      Cara menciptakan permintaan

c.       Inovasi proses, meliputi :
1)      Proses penciptaan produk
2)      Proses produksi
3)      Proses teknologi pengemasanya
4)      Proses riset dan pengembangan
5)      Proses menciptakan mesin baru

d.      Inovasi teknis, meliputi :
1)      Teknik desain
2)      Teknik pengawasan
3)      Teknik pekerjaanya

e.       Inovasi administrasi, meliputi :
1)      Penyimpanan data
2)      Pembuatan dan pengumpulan data




No comments:

Post a Comment

YOUTUBE CHANNEL

Pengertian dan Unsur Nirmana

Nirmana (rupa dasar) merupakan ilmu yang mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan persepsi, ruang, bentuk, warna, dan bahan berwujud...